Senin, 14 Maret 2011

OPTIMALISASI UPT HUMAS POLINEMA

Abstraksi

Observasi yang dilakukan di bagian humas Politeknik Negeri Malang diadakan dalam rangka untuk mengetahui peran serta fungsi humas pada umumnya.. Pencarian data ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan Kepala Humas Politeknik Negeri Malang. Pencarian data ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung peran dan fungsi Humas Politeknik Negeri Malang dengan mewawancarai secara langsung Kepala Humas Politeknik Negeri Malang. Dari kegiatan yang dilakukan ini didapat beberapa data yang mendukung pembuatan laporan ini dari wawancara dengan observasi dan wawancara .


KATA PENGANTAR

Puji syukur kelompok tiga dalam mata kuliah Organisasi Profesi dan Kode Etik Humas sebagai penulis laporan ini kehadirat Illahi Rabbi, karena hanya dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulisan laporan ini akhirnya dapat diselesaikan. Laporan ini berisi tentang hasil observasi dan wawancara langsung Humas Politeknik Negeri Malang (Polinema). Namun, isinya lebih ditekankan kepada peran dan fungsi Humas serta tugas pokok yang ada di humas, khususnya Humas Politeknik Negeri Malan
Penulisan laporan ini diawali dari pencarian data yang berhubungan dengan Humas Politeknik Negeri Malang kemudian observasi dan wawancara secara langsung tentang peran dan fungsi Humas serta tugas pokok yang ada di humas, khususnya Humas Politeknik Negeri Malang. Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri ini yang dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sekarang menjadi Universitas Negeri Malang yang masuk lembaga pengabdian masyarakat (LPM) yang bernama Program Keahlian Bisnis dan Industri (PKBI) jurusan Public Relations dan Komunikasi Bisnis berhak mendapat informasi tentang humas Polinema apalagi mahasiswa Polinema sendiri. Sebab dalam visinya menyebutkan ketransparanan yang berarti tidak ditutup – tutupi. Untuk mengetahui peran dan fungsi humas serta tugas pokoknya tidak cukup dengan teori melainkan juga harus melakukan observasi dan wawancara langsung. Adanya laporan ini bisa menjadi bukti wawancara dan observasi yang telah dilakukan mahasiswa public relatoins dan komunikasi bisnis PKBI kelompok tiga di Humas Politeknik Negeri Malang.
Adanya laporan ini tidak terlepas dari dorongan banyak pihak. Oleh karena itu sewajarnya penulis berterima kasih kepada bapak R.B Kuswilono, S.H. selaku dosen mata kuliah Organisasi Profesi dan Kode Etik Humas yang sebelumnya pada tahap 1 telah memberikan beberapa materi tentang komunikasi yang ikut memperlancar penulisan laporan ini serta beberapa materi tentang humas. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ir. Bagus Wahyudi MT selaku kepala Humas Politeknik Negeri Malang serta para personal Humasnya yang ikut membantu dan teman – teman sekelas yang sering sharing pengalaman mengenai observasi ke Perguruan Tinggi.


DAFTAR ISI

ABSTRAKSI i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
    1. Latar Belakang 1
    2. Rumusan Masalah 1
    3. Tujuan 2
BAB II METODE PENELITIAN
2.1 Metode kualitatif
2.2 Metode Pengumpulan Data
2.2.1 Observasi
2.2.3 Wawancara
BAB III ANALISIS PERMASALAHAN
3.1 Analisis Umum
3.2 Analisis Rumusan Masalah
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang
Teknologi yang berkembang diera globalisasi tidak terlepas dari suatu pendidikan. Pendidikan saat ini juga menjadi suatu hal yang penting. Untuk bisa mendapat suatu pekerjaan kita harus memiliki suatu pendidikan dan keterampilan. Jadi saat ini, baik dari desa maupun kota banyak yang melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta. Khususnya di Universitas Negeri Malang, lebih khusus lagi dijurusan public relations dan komunikasi bisnis PKBI. Jurusan ini memang sangat erat hubungannya tentang kehumasan, jadi sangat wajar jika selalu berhubungan dan diberi tugas yang berhungan eraat dengan humas.
Peran dan fungsi serta tugas pokok memang telah diajarkan di jurusan ini. Tetapi apakah disetiap humas menerapkan tentang ini?. Maka dari itu kelompok 3 dalam mata kuliah organisasi profesi dan kode etik humas akan mengadakan suatu observasi dan wawancara guna mengetahui apakah telah diterapkan peran dan fungsi serta tugas pokok yang disampaikan oleh dosen,

    1. Rumusan masalah
  1. Apa peran dan fungsi serta tugas pokok humas Polinema?
      1. Apakah pendirian humas ini berdasarkan SK?
      2. Apa isi dari SK tersebut dan siapa yang menandatangani?
      3. Apa visi dan misi humas Polinema?
      4. Apa pedoman yang dipakai oleh humas akan visi dan misi yang dimiliki?
      5. Apa tujuan humas Polinema?
      6. Apakah semua personal humas memiliki SK?
      7. Apakah mereka yang menduduki jabatan sudah memiliki pranata jabatan/ humas?
      8. Apa isi dari SK tersebut dan siapa yang menandatangani?
      9. Apakah Kahumas dan personal humas semuanya merupakan PN?
      10. Dimana posisi struktural humas Polinema tersebut?
      11. Sampai dimana kewenangan humas dalam perguruan tinggi tersebut?
      12. Humas bertanggung jawab kepada siapa?
      13. Apa saja program humas untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang?
      14. Apakah sumber daya humas sudah dibekali dengan pendidikan/pelatihan kehumasan?
      15. Langkah apa yang dilakukan untuk memberdayakan peran dan fungsi humas yang strategis, yang diantaranya sebagai komunikator, fasilitator, mediator dan pembangun citra?
      16. Bagaimana alur mgrasi peran dan fungsi dari teknik ke manajerial?
      17. Apa saja tugas humas dalam publikasi dan promosi Polinema?
      18. Event apa saja yang pernah diadakan oleh humas Polinema?
      19. Event apa saja yang pernah diikuti?

    1. Tujuan
      1. Ingin mengetahui peran dan fungsi serta tugas pokok humas Polinema
      2. Ingin mengetahui SK pendirian humas
      3. Ingin mengetahui isi dari SK tersebut dan siapa yang menandatangani
      4. Ingin mengetahui visi dan misi humas Polinema
      5. Ingin mengetahui pedoman yang dipakai oleh humas akan visi dan misi yang dimiliki
      6. Ingin mengetahui tujuan humas Polinema
      7. Ingin mengetahui apakah semua personal humas memiliki SK
      8. Ingin mengetahui apakah mereka yang menduduki jabatan sudah memiliki pranata jabatan/ humas
      9. Ingin mengetahui isi dari SK tersebut dan siapa yang menandatangani
      10. Ingin mengetahui apakah Kahumas dan personal humas semuanya merupakan PN
      11. Ingin mengetahui dimana posisi struktural humas Polinema tersebut
      12. Ingin mengetahui kewenangan humas dalam perguruan tinggi tersebut
      13. Ingin mengetahui ruang lingkup tanggung jawab Humas Polinema
      14. Ingin mengetahui program humas untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang
      15. Ingin mengetahui apakah sumber daya humas sudag dibekali dengan pendidikan/pelatihan kehumasan
      16. Ingin mengetahui langkah apa yang dilakukan untuk memberdayakan peran dan fungsi humas yang strategis, yang diantaranya sebagai komunikator, fasilitator, mediator dan pembangun citra
      17. Ingin mengetahui alur migrasi peran dan fungsi dari teknik ke manajerial
      18. Ingin mengetahui tugas-tugas humas dalam publikasi dan promosi Polinema
      19. Ingin mengetahui event yang pernah diadakan oleh humas Polinema
      20. Ingin mengetahui event yang pernah diikuti
BAB II
METODE PENGUMPULAN DATA

  1. Metode Kualitatif
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu mengambil suatu sampel untuk dijadikan objek penelitian. Sampel untuk penelitian adalah UPT Humas Politeknik Negeri Malang.

  1. Metode Observasi
Dalam penelitian ini, kami melakukan observasi dan wawancara secara langsung di UPT Humas Politeknik Negeri Malang.di tempat parkir utama Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini dilakukan pada hari selasa, 26 Januari dan 10 Februari 2010

  1. Metode Wawancara
Untuk mendapatkan data tentang kehumasan yang berada di humas Polteknik Negeri Malang. Kami melakukan tanya – jawab atau wawancara dengan Bapak Ir. Bagus Wahyudi MT, selaku Kepala Humas Polinema
.










BAB III
ANALISIS PERMASALAHAN

  1. Analisis Umum
UPT Humas merupakan salah satu bagian dari Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Politeknik Negeri Malang yang baru disahkan oleh institusi sejak awal tahun 2007. Dibentuknya UPT Humas ini dengan harapan agar segala sumber informasi yang berhubungan dengan kebijakan dan program institusi dapat tersebar baik ke dalam maupun keluar melalui mekanisme dan jalur yang benar.
UPT Humas Politeknik negeri Malang selain garda terdepan dalam penyebarluasan informasi internal, juga sebagai salah satu perwakilan institusi dalam penyampaian informasi di lingkup internal.dipimpin oleh kepala UPT Humas dari kalangan dosen dalam jabatan struktural organisasi Polinema dalam masa jabatan 2 tahun berdasarkan SK Direktur. Kedudukan UPT humas dalam organisasi dibawah koordinasi dan komando Board of Directur (Direktur dan Pembantu Direktur). Saat ini Kepala UPT Humas Polinema diduduki oleh Ir. Bagus Wahyudi, MT.
3.2 Analisis Menurut Rumusan Masalah
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.1
  • Peran dan fungsi serta tugas pokok humas Polinema tertuang dalam TUPOKSI UPT Humas Polinema. Beberapa tupoksi diantaranya adalah ;
  • Melakukan pemberitaan kegiatan polinema dan kebijakan institusi atau pimpinan melalui media cetak dan elektronuika
  • Melakukan pemutakhiran atau update informasi aktual melalui teknologi informasi dan komunikasi (media cetak, elektronika serta website)
  • Melakukan penerbitan buletin dan pendistribusian bahan – bahan Humas Polinema
  • Melakukan tugas protokoler perguruan tinggi dan layanan tamu umum maupun kedinasan.
  • Melayani komunikasi internal dan eksternal melalui call center dan website
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.2
  • Pendirian UPT Humas Polinema sudah berdasarkan SK
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.3
  • SK tersebut berisi tentang pendirian UPT Humas Polinema dan ditandatangani oleh direktur Polinema
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.4
  • Visi dan Misi Humas Polinema adalah :
    • Visi : Membangun kehumasan yang profesional, transparan dan cerdas
dalam rangka mendukung pencitraan lembaga untuk mencapai visi Politeknik Negeri Malang menjadi institusi pendidikan vokasi yang unggul dalam persaingan global.
    • Misi :
      1. membangun kemitraan terhadap media dan publik yang dinamis serta sehat.
      1. Menyajikan informasi yang lengkap, akurat komprehensif dan terpadu
      2. meningkatkan peran humas dalam menguasai teknik informasi dan komunikasi
      3. meningkatkan pelayanan kehumasan kepada internal dan eksternal publik.
      4. meningkatkan pelayanan protokol perguruan tinggi.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.5
  • Visi dan misi Humas Polinema berpedoman dari status lembaga yang merupakan lembaga vokasi.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.6
  • Tujuan humas sudah menjadi satu dengan TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi) humas Polinema.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.7
  • Tugas dan fungsi personal semua personal Humas Polinema sudah dikuatkan dengan SK
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.8
  • Semua yang bertugas di UPT Humas Polinema dan yang memiliki tugas disana, sudah memiliki pranata jabatan/humas yang tercantum dalam SK yang diturunkan kepada mereka.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.9
  • SK tersebut berisi tentang jabatan di UPT Humas dan beberapa tugasnya dan ditandatangani oleh direktur Polinema. Setiap personal memiliki SK yang berbeda.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.10
  • Kahumas memang pegawai negeri, tapi tidak semua personal di UPT Humas merupakan pegawai negeri.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.11
  • Kedudukan UPT Humas didalam organisasi Polinema dibawah koordinasi dan komando Board of Director (Direktur dan Pembantu Diektur)
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.12
  • Kewenangan UPT Humas secara tidak langsung sudah tertuang dalam TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi) UPT Humas polinema
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.13
  • Pertanggung jawaban atas segala kinerja dan pekerjaan yang telah dilakukan oleh UPT Humas Polinema nantinya akan diserahkan kepada direktur Polinema. Jadi UPT Humas Polinema bertanggung jawab kepada Direktur Polinema.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.14
  • Program tahunan UPT Humas bisa dikatakan untuk jangka pendek maupun menengah, sedangkan program jangka panjang adalah program 5 tahunan. Program jangka pendek/ menengah sudah tertuang dalam sasaran mutu dan kinerjan Kehumasan Polinema. Terlampir
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.15
  • Beberapa sumber daya humas sudah dibekali dengan pelatihan – pelatihan internal.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.16
  • Langkah yang dilakukan untuk memberdayakan peran dan fungsi humas sebagai komunikator dan fasilitator adalah dengan memberikan fasilitas – fasilitas dan segala kebutuhan (informasi tentang Polinema/Humas) kepada para pengunjung atau tamu.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.17
  • Alur migrasi peran dan fungsi dilakukan secara rotari atau berputar. Jadi setiap 2 tahun sekali jabatan kepala Humas dipegang oleh orang lain yang masih seorang dosen atau warga Polinema yang berhak.
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.18
  • Tugas UPT Humas dalam pbllikasi dan promosi Polinema dilakukan dengan bebera cara yang diantaranya sebagai berikut :
    • Pembuatan profil audio visual (company profile)
    • Pembuatan profil buku cetak
    • Call Center
    • Brosur
    • Baliho
    • dll
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.19
  • Beberapa event yang pernah diselenggarakan oleh UPT Humas Polinema diantara adalah :
    • Sarasehan Gerakan ayo sekolah
    • Diklat jurnalistik
    • Pelatihan jurnalistik
Jawaban menurut pertanyaan no 1.2.20
  • Event yang pernah diikuti oleh humas Polinema cukup banyak. Salah satunya adalah Edufair yang diselenggarakan di Gresik pada bulan lalu.
      1. Struktur Organisasi Polinema

3.2.2 Jajaran Tinggi Polinema
  1. Pimpinan
Jabatan
Pejabat
Direktur
Ir. Tundung Subali Patma, MT.
Pembantu Direktur I
Drs. Ludfi Djajanto, MBA
Pembantu Direktur II
Drs.Awan Setiawan, MMT
Pembantu Direktur III
Drs.Moh.Wahdi, MAB
Pembantu Direktur IV
Mohamad Zenurianto, Dipl, Ing, HTL., M.Sc

        1. Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, dan Kepala Urusan
Jabatan
Pejabat
Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan (Ka. BAUK)
Dra. Asih Pangastuti
pala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (Ka. BAAK)
Drs. Alfan Mashudi
Kepala Sub Bagian Tata Usaha
Drs. Kukuh Mulyadi
Kepala Sub Bagian Kepegawaian
Drs. Sahbudin
Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan
Drs. Abdul Choliq
Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi
Reny Dwi Joeli Astoeti
Kepala Urusan Perbendaharaan
Sri Indriarti, SE
Kepala Urusan Penyusunan dan Monitoring Anggaran
Sutaryo, SAB
Kepala Urusan Perlengkapan dan Inventarisasi
Guntoro
Kepala Urusan Rumah Tangga
Sunardi, SE
Kepala Urusan Kemahasiswaan dan Alumni
Subandriyo
Kepala Urusan Administrasi Pendidikan dan Registrasi Mahasiswa
Sutikno, S.Sos
Kepala Urusan Persuratan, Kearsipan dan Dokumentasi
Dewi Andayani
Kepala Urusan Hukum dan Tata Laksana
Kartika Windrajanti, S.Sos

        1. Kepala dan Wakil Unit Pelaksana Teknis (UPT)
UPT
Kepala
Sekretaris
Perpustakaan
Edy Supratikno, S.IP
Dra. Agustiningsih
Perawatan dan Perbaikan
Mulyono, S.AB
Agung Pamudji, SH
Percetakan dan penerbitan
Haryono
Agung Pamudji, SH
PPM
Drs. Sumiadji, Ak., MSA
Supriatna A., ST., MT.
Pusat Komputer
Ahmadi Yuli Ananta, ST
Ahmad Fauzi, S.Kom
Bahasa
Drs. Subekhi Hadi Purnomo
Noverita W., S.Pd
Fisika
Drs. Yoyok Heru Prasetyo, MT
-
MKU
Dra. Sri Nur Kudri, M.Ag
-
Hubungan Masyarakat
Ir. Bagus Wahyudi, MT
-

        1. Pimpinan Jurusan
Jurusan/ Prodi
Ketua Jurusan/ Prodi
Sekretaris jurusan
Teknik Elektro
Ir. Azam Muzakhim I, MT
Ir. Ahmad Komarudin
Prodi. Teknik Elektronika
Edi Sulistio Budi, ST. MT

Prodi. Teknik Listrik
Slamet Nurhadi, ST

Prodi. Teknik Telekomunikasi
Ir. Waluyo, MT

Prodi. Manajemen Informatika
Budi Harijanto, ST, MMKom

Jurusan Teknik Mesin
Imam Mashudi, B Eng (Hons)
Drs. Moh. Hartono, MT
Jurusan Teknik Sipil
Ir. Gerard Aponno, MS
Drs. Sunarto Suryanto
Jurusan Teknik Kimia
Ir. Dwina Moentamaria, MT
Ir.Sri Rulianah
Jurusan Akutansi
Drs. Sidik Ismanu, M Si
Drs. M. Arief Setiawan, M.Kom
Jurusan Administrasi Niaga
Drs. Halid Hasan, MSHRM
Heru Utomo, SE, M.Com

      1. Struktur Organisasi UPT Humas

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Dilihat dari sasaran mutu dan kinerja kehumasan Polinema tahun 2008 serta target yang semakin tinggi ditahun 2009 menunjukkan bahwa kinerja humas Polinema sudah bagus. Beberapa tugas pokok dan fungsi humasnya sudah dijalankan dengan baik, ditambah dengan gedung humas yang mandiri serta luas yang membuat para personal maupun tamunya merasa nyaman. Paling utama peran dan fungsi humas dan personalnya sudah dijalankan dengan baik.

1 komentar:

  1. Harrah's Hotel and Casino - MapYRO
    Harrah's 군포 출장샵 Hotel and Casino 경주 출장안마 is 김천 출장마사지 on the Isle 안성 출장샵 of Capri near Harrahs Casino in Biloxi. The hotel offers an outdoor pool, restaurants and 여주 출장샵 shops, and a bar.

    BalasHapus

Pengikut